Langkah-Langkah Dalam Merangkai Bunga ~ Toko Jual Bunga Online Murah Jakarta,Bekasi,Tangerang,Depok,Bogor,Bandung 24 Jam

Langkah-Langkah Dalam Merangkai Bunga

Kesuksesan dalam merangkai bunga ditentukan oleh berbgai faktor. Aritnya, keindahan dan kecantikan rangkaian tidak hanya ditentukan oleh jenis bahan bunga yang notabene mahal saja, atau bunga-bunga yang indah saja, melainkan sangat dipengaruhi juga oleh pengkondisian bahan-bahan yang akan digunakan. Pengkondisian ini adalah bagaiaman bahan-bahan atau bunga-bunga yang dipilih tersebut dipotong, dirawat dan diatur.

Tujuan pengkondisian adalah untuk memungkinkan bahan tanaman yang telah dipotong bisa menyerap air sebanyak mungkin, dan bunga bisa mempertahan keindahan sesungguhnya. Tanaman yang tidak dikondisikan dengan baik akan cepat kering atau layu, juga mudah rusak pasa proses perangkaian karena tidak segar lagi.

1.MENGKONDISIKAN BUNGA
Jika anda memilki kebung bunga sendiri, berikut adalah cara  bagaimana mempersiapkan bunga yang segar untuk kemudian dirangkai, mulai dari waktu yang tepat untuk memotong bunga , hingga perawatan agar bunga lebih awet kesegarannya.

a. Waktu pemotongan
waktu pemotongan untuk memotong bunga adalah disore hari, saat tanaman  telah mendapatkan makanan yang cukup untuk disimpan. Waktu  lain yang juga baik untuk pemotongan bunga adalah pada pagi hari, dimana saat tanaman memiliki kadar air tertinggi.

Kebanyakan bunga sangat baik dipotong ketika hampir tebuka penih. Beberapa bunga sagat baik jika dipotong pada saat kuncup atau ketika baru mulai terbuka, seperti bunga  iris, lili, peony, dan tulip. Potong batangnya bunga dengan pisau tajam atu gunting. potong dengan posisi miring untuk memungkinkan bunga menyerap lebih banyak air. Sebaiknay memotong dengan batang yang lebih panjang dari yang anda butuhkan. Kemudian bunga daun-daun yang berada pada bagian bawah batang.

b.Perawatan bunga sebelum dirangkai

Untuk memotong batang bunga yang akan dirangkai pertama-tama siapkan ember yang penuh dengan air, lalu masukan batang bunga kedalam air dengan kemiringan 45 derajat. Memotong batang dalam air, karenan jika daun atau ranting  terendam air akan mempercepat pembusukan oleh bakteri . Cuci wadah hingga bersih, selanjutnya Anda bisa mulai merangkai bunga -bunga tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan pengawet bunga  yang untuk mempertahankan kesegaran bunga. Pengawet ini adalah campuran khusus dari bahan kimia yang telah dikembangkan dan disempurnakan untuk memperpanjang  kehidupan bunga. Pengawet ini berisi kadar gula untuk menjaga energi bunga tetap tinggi, bahan untuk menurunkan faktor pH sehingga  meningkatkan penyerapan air. Ada banyak merek pengawet tersedia dalam bentuk cair dan bubuk. Anda dapat memperolehnya di toko-toko bunga terdekat. Beberapa bunga secara alamiah berumur pendek (3-4 hari), sementara yang lain bisa bertahn 2 minggu atau lebih. Menggunakan pengaet bunga merupakan satu pilihan untuk mempertahankan keindahaan bunga.

c.Perawatan lanjutan

Memberikan perawatan pada rangkaian bunga adlah penting untuk mempertahankan kesegaran dan keindahan rangkaian.
Berikutr adalah tips merawat bunga yang telah dirangkai.
  • Pastikan vas atau wadah steril dengan mencucinya sampai bersih.
  • Pastikan rangkaian bunga tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Hindari penempatan yang dekat dengan saluran udara panas, radiator, televisi, oven, dan lain-lain yang menimbulkan panas. Karena hali ini akan menyebabkan dehidrasi pada bunga dan menpercepat bunga menjadi layu.
  • Pada malam haru, letakan rangkaian di tempat yang sejuk untuk memperpanjang kehidupan bunga.
  • Jaga wadah atau vas bunga terisi cukup air. Periksalah setiap harinya, janga sampai wadah sampai kering. karena dalam sehari bunga potong mampu menyedot air sperempat dari ukuran vas yang dipakai.
  • Periksa tingkat air setiap hari dan menambahkan air tawar yang diperlukan. Ketika menambahkan sedikit air tawar, harap diperhatikan batas atas air adalah dibawah setiap dedaunan atau cabang pada batang-batang bunga. Jika tidak maka dapat merugikan bunga jika wadah memilki busa bunga, anda harus menjaga tingkat air tepat diatas busa agar bunga lebih tahan lama.
  • Gantilan air vas 3 hari sekali. Potong ujung batang bunga dengan kemiringan 45 derajat kira-kira 3/4 atau i inci saat anda  mengganti air dalam vas. Pastikan memotong dengan  pisau dan gunting yang tajam, agar permukaan yang dipotong dapat menyerap air dengan sempurna.
  • Tambahkan sedikit air garam dalam air, ini akan mebuat bunga potong bertahan segar lebih lama.     
    Bersambung........
Previous
Next Post »